Selasa, 14 April 2009

WARNET (senasibkah dengan wartel?!)

Zaman sekarang, siapa sih yang ngga kenal warnet?? (banyak kalee... kan negara kita juga masih tergolong negara berkembang,.. jadi yaw tak bisa dibilang sedikit lahh yang ngga ngerti yang namanya warnet, paling banyak mungkin cuma pernah denger namanya doank, yang laen-laen all 'bout warnet juga gak ngerti!? Betul!?) Warnet tu warung internet. Yupz, betul tuh! Pojok belakang, yang jawab?! Nomor absen berapa?? (jehh... jadi inget waktu di kelas) Eitz, gak boleh ketuker ya!! Warnet dan wartel itu bedanya yah lumayan jauh?! (Jakarta-Semarang, lahh!?) Tapi yang mo penulis (cihhh.. penulis) bahas kali ini ya ngga jauh-jauh amat dari warnet dan wartel, tapi terutama warnetnya.

Seiring perkembangan zaman dan semakin modernnya dunia ini membuat kita tak bisa jauh dari apa yang disebut dengan IPTEK. Banyak penemuan dan teknologi baru yang membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah untuk dikerjakan.

Teknologi terus berkembang (kembang sepatu?? hehehe..) melalui tahap-tahap yang mulai pemikiran manusia yang terus saja memutar otak untuk menutup kekurangan dari teknologi yang sudah ada sebelumnya.

Perkembangan teknologi yang bertahap tersebut ternyata membawa dampak, yang pasti ada positif dan negatifnya. Satu dari dampak negatif itu adalah, suatu teknologi lama harus ditinggalkan untuk teknologi baru padahal sudah banyak orang yang menggantungkan nasibnya pada teknologi yang lama tersebut.

Sebut saja wartel, bentuk usaha yang terlahir dari kemajuan telekomunikasi. Ada masanya wartel begitu menjamur (tapi bukan panu lho yaw!!) di sana sini, tak hanya itu. Pendapatan yang dihasilkanpun juga tak bisa dibilang kecil. Tapi, seiring boomingnya ponsel, yah, apa daya, wartel sepertinya begitu mudah dilupakan.

Ponsel atau HP sekarang hampir tiap orang punya, bahkan tak sedikit orang yang menggunakan dua HP. Perang tarif operator selular pun semakin memojokkan keberadaan wartel. Tak hanya wartel, warnetpun kini juga menjadi saingan HP. Yahh, meski tingkat serangan HP tak begitu kuat (loyo kali yeee..) untuk mendobrak keberadaan wartel.

Anda sudah mengenal MID (Mobile Internet Devices)?! (wah, yang baru denger/ tau angkat tangan!!) Yah singkat penjelasan, MID adalah suatu teknologi yang memudahkan kita untuk mengakses internet secara leluasa karena alat ini portable (portable ngarti gak???). Jadi bisa internetan di mana aja dan kapan aja, dengan kemampuan yang lebih dari sekedar HP bahkan PC. Sebagai contoh dari MID adalah netbook (net = jarring, book = buku, netbook = buku yang berjaring –jarring, bukunya spiderman donk!!).

Sebuah riset yang dilakukan badan riset ABI di Amerika, menunjukkan bahwa keberadaan HP terancam oleh MID, dan ini juga tanda-tanda bagi pengusaha warnet apakah nantinya bernasib sama seperti wartel.

Yepz, sekarang sihh, warnet mulai menjamur dan mulai berjaya. Boleh saja kita membuka usaha warnet, tapi kita juga harus siaga 1 dengan ancaman MID. Untuk sekarang sihh, gak usah khawatir!!! Kan negara kita masih tergolong negara berkembang (siapa tau yahhh, besok-besok jadi maju banget, amiiinnn, yang penting tetep bersyukur pada Allah swt). Jadi yah masih jauh lah ancaman itu. Tapi sebagai pengusaha, ancaman dari arah manapun, sekecil apapun, harus tetep ada persiapan donk untuk menghadapinya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar